Friday, January 19, 2018
Home > LA LIGA > Resmi Gabung Barcelona, Ini Rincian Pembayaran Transfer Coutinho

Resmi Gabung Barcelona, Ini Rincian Pembayaran Transfer Coutinho

Philippe Coutinho resmi bergabung dengan Barcelona. Pemain asal Brasil itu diboyong dari Liverpool dengan harga 160 juta euro. Angka ini membuatnya jadi pemain kedua termahal di dunia setelah Neymar yang memilih hengkang dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG).

Seperti diketahui, pada bursa transfer musim panas lalu Neymar memang menggemparkan jagat sepak bola dunia. Pemain asal Brasil tersebut benar-benar meninggalkan Barcelona. PSG memanfaatkan celah pada kontrak Neymar untuk memboyongnya ke Paris, Prancis

Memang tidak mudah bagi PSG mendaratkan Neymar. Le Parisien harus merogoh kocek sebesar 222 juta euro demi mengaktifkan klausul pelepasan striker subur tersebut.

Barcelona sendiri telah memburu Coutinho sejak bursa transfer musim panas lalu. Negosiasi sempat berlangsung alot. Lampu hijau baru diberikan baru-baru ini setelah Barcelona sepakat menebus Coutinho dengan harga 160 juta euro atau setara dengan 2,58 Triliun.

Namun, uang sebanyak itu ternyata tidak sekaligus dibayarkan Barcelona kepada Liverpool. Media asal Inggris, Guardian melaporkan bahwa biaya transfer tersebut ternyata terbagi dalam beberapa bagian dan dibayar secara bertahap.

Dari total 160 juta euro, hanya 120 juta euro yang dibayar di depan. Sementara sisanya, sebesar 40 juta euro bakal dibayar secara bertahap seiring perjalanan Liverpool ke depan.

Rinciannya sebagai berikut, 5 juta euro akan dibayar setiap 25 laga yang diikuti Coutinho. Pembayaran ini bakal berlangsung hingga laga ke-100 atau empat kali pembayaran.

Sementara itu, 5 juta euro lainnya akan disetorkan bila Barcelona melaju ke Liga Champions dalam dua musim pertama. Dan sebanyak 5 juta euro lainnya diberikan jika Barcelona juara.

Coutinho telah resmi diperkenalkan ke publik Camp Nou, Minggu (8/1/2018) waktu setempat. Namun fans Barcelona harus bersabar untuk melihat aksinya di atas lapangan.

Coutinho kabarnya mengalami cedera ringan di bagian pinggul yang berpotensi memaksanya menepi dari lapangan hingga tiga pekan ke depan. Pemain yang juga pernah memperkuat Inter Milan itu cedera saat Liverpool menang 2-1 atas Leicester City, 30 Desember lalu.

Akibat cedera tersebut, Philippe Coutinho harus absen selama 20 hari ke depan. Alhasil, dia diprediksi baru bisa membela Barcelona pada akhir Januari atau awal Februari 2018.

Jika proses pemulihannya berjalan dengan baik, Coutinho bisa melakoni debut bersama Barca pada pertandingan pekan ke-22 La Liga Spanyol, di RCDE Stadium, 4 Februari 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *