Friday, January 19, 2018
Home > MOTO GP > Magis Rossi Tak Hilang, Tapi Memang Motornya Jelek

Magis Rossi Tak Hilang, Tapi Memang Motornya Jelek

Bukan karena kualitas tekniknya yang menurun, buruknya prestasi Valentino Rossi ternyata memang dikarenakan kualitas motornya yang tak bagus. Hal tersebut diakui oleh Kepala Kru Yamaha, Silvano Galbusera.

Diungkapkan Galbusera, racikan motor Yamaha M1 milik Rossi musim lalu begitu berantakan. Pengaturan setang terlalu ringan dan membuat Rossi harus berhati-hati saat melewati tikungan.

Pengubahan pengaturan setang diawali dari karakteristik ban MotoGP musim lalu yang terlalu kompleks. Sedikit kesalahan dalam pemilihan ban, disebut Galbusera, akibatnya bisa fatal.

Rossi pun kerap mengalaminya. Hingga, dia beserta tim mekanik Yamaha pusing memilih ban yang tepat sepanjang musim 2017.

Masalah ini sebenarnya tak cuma dialami oleh Rossi. Galbusera menyatakan kondisi serupa juga dihadapi Maverick Vinales dan pembalap tim satelit Yamaha Tech 2, Johann Zarco.

“Johann lebih ringan (masalahnya) ketimbang Rossi dan harus mengatasi masalah ban dengan hati-hati. Jadi, dia harus mengendarai motornya dengan pelan,” kata Galbusera, yang dilansir Daily Star.

“Racikan yang sama tak bekerja bagi Rossi. Dia butuh dukungan depan dan belakang, agar bisa mengatur percepatan dan melambatkan motornya. Saya tak tahu mengapa Michelin mengubah ban di musim 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *